Rabu, 20 Oktober 2010

REVIEW SITUS BAAK UNIVERSITAS GUNADARMA


A.   BAAK Universitas Gunadarma

adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar - mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain :


  1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
  2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal;
  3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
    • Sub Bagian Jadwal Kuliah;
    • Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
    • Sub Bagian Penghubung dan Pendamping Dosen.
  4. Bagian Monitoring Kuliah.
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Dosen;
    • Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.



B.    MENU LAYANAN BAAK

Perkuliahan dan Ujian :

1.      KALENDER AKADEMIK                          => Berisi kalender kegiatan akademik mahasiswa.
2.      DAFTAR MATA KULIAH                          => Berisi tentang mata kuliah mahasiswa sesuai dengan jurusan yang mereka ambil.
3.      DAFTAR DOSEN PEMBIMBING PI         => Berisi daftar nama dosen yang membimbing mahasiswa dalam PI.
4.      DAFTAR DOSEN WALI KELAS               => Berisi daftar nama dosen yang menjadi wali kelas mahasiswa.
5.      JADWAL KULIAH                                      => Berisi jadwal dan waktu kuliah yang harus diikuti siswa.
6.      PENGURUSAN UJIAN BENTROK                       => Berisi tata cara pengurusan ujian yang bentrok dengan mata kuliah di kelas lebih atas atau mengulang di kelas yang lebih bawah.
7.      FORMULIR RENCANA STUDI (FRS)      => Berisi tentang pendistribusian FRS dan tata cara pengisian KRS.

ADMINISTRASI AKADEMIK :

1.    DAFTAR ULANG                                         => Berisi tentang syarat dan prosedur daftar ulang mahasiswa.
2.    CUTI AKADEMIK                                        => Berisi tentang syarat dan prosedur cuti akademik.
3.    TIDAK AKTIF KULIAH                              => Berisi tentang syarat dan prosedur apabila mahasiswa dinyatakan tidak aktif dalam kegiatan akademik.
4.    AKTIF KEMBALI                                         => Berisi tentang syarat dan prosedur apabila mahasiswa dinyatakan aktif kembali setelah mahasiswa tersebut cuti akademik atau tidak aktif dalam semester sebelumnya.
5.    PENGECEKAN NILAI                                 => Berisi tentang syarat dan prosedur pengecekan nilai apabila terdapat mata kuliah yang nilainya tidak tercantum pada DNS sedangkan mata kuliah tersebut bukan mata kuliah utama/negara (tidak sesuai dengan KRS) atau apabila ada keragu-raguan pada nilai yang diperoleh dalam DNS.
6.    PINDAH LOKASI dan WAKTU KULIAH => Berisi tentang syarat dan prosedur pindah lokasi dan waktu kuliah mahasiswa.
7.    PINDAH JURUSAN                                     => Berisi tentang syarat dan prosedur apabila mahasiswa ingin pindah jurusan.



C.   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SITUS BAAK

KELEBIHAN

1.      Melalui situs baak ini, mahasiswa gunadarma dapat dengan lebih mudah dan cepat untuk mengetahui informasi tentang penyelenggaraan KBM dan administrasi akademik.

2.      Interaktif karena segala pertanyaan akan langsung dijawab oleh TIM BAAK.

3.      REAL TIME.


            KEKURANGAN ( MENURUT SAYA )
1.     Tampilannya yang terlalu sederhana.
2.     NEWSnya jarang update. 

Jumat, 15 Oktober 2010

ETIKA DAN KEAMANAN SISTEM INFORMASI

1. PRIVASI menyangkut hak individu untuk mempertahankan informasi pribadi dari pengaksesan oleh orang lain yang memang tidak diberi izin untuk melakukannya.
Kasus:
 Junk mail
 Manajer pemasaran mengamati e-mail bawahannya
 Penjualan data akademis

2. AKURASI
terhadap informasi merupakan faktor yang harus dipenuhi oleh sebuah sistem informasi. Ketidakakurasian informasi dapat menimbulkan hal yang menggangu, merugikan, dan bahkan membahayakan.
Kasus:
 Terhapusnya nomor keamanan sosial yang dialami oleh Edna Rismeller (Alter, 2002, hal. 292)
 Kasus kesalahan pendeteksi misil Amerika Serikat

3. PROPERTI
Perlindungan terhadap hak PROPERTI yang sedang digalakkan saat ini yaitu yang dikenal dengan sebutan HAKI (hak atas kekayaan intelektual).
HAKI biasa diatur melalui hak cipta (copyright), paten, dan rahasia perdagangan (trade secret).

Hak cipta adalah hak yang dijamin oleh kekuatan hukum yang melarang penduplikasian kekayaan intelektual tanpa seizin pemegangnya. Hak seperti ini mudah untuk didapatkan dan diberikan kepada pemegangnya selama masa hidup penciptanya plus 70 tahun.

Paten merupakan bentuk perlindungan terhadap kekayaan intelektual yang paling sulit didapatkan karena hanya akan diberikan pada penemuan-penemuan inovatif dan sangat berguna. Hukum paten memberikan perlindungan selama 20 tahun.
Hukum rahasia perdagangan melindungi kekayaan intelektual melalui lisensi atau kontrak.
Pada lisensi perangkat lunak, seseorang yang menandatangani kontrak menyetujui untuk tidak menyalin perangkat lunak tersebut untuk diserahkan pada orang lain atau dijual.

Berkaitan dengan dengan kekayaan intelektual, banyak masalah yang belum terpecahkan (Zwass, 1998); Antara lain:
 Pada level bagaimana informasi dapat dianggap sebagai properti?
 Apa yang harus membedakan antara satu produk dengan produk lain?
 Akankah pekerjaan yang dihasilkan oleh komputer memiliki manusia penciptanya? Jika tidak, lalu hak properti apa yang dilindunginya?

4. AKSES
Fokus dari masalah AKSES adalah pada penyediaan akses untuk semua kalangan. Teknologi informasi diharapkan malah tidak menjadi halangan dalam melakukan pengaksesan terhadap informasi bagi kelompok orang tertentu, tetapi justru untuk mendukung pengaksesan untuk semua pihak

KEAMANAN SISTEM INFORMASI
1. Keamanan merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan dalam pengoperasian sistem informasi, tujuannya adalah untuk mencegah ancaman terhadap sistem serta untuk mendeteksi dan membetulkan akibat segala kerusakan sistem.

2. Ancaman terhadap sistem informasi dapat dibagi menjadi dua macam: ancaman aktif dan ancaman pasif. Ancaman aktif mencakup kecurangan dan kejahatan terhadap computer, sedangkan Ancaman pasif mencakup kegagalan sistem, kesalahan manusia, dan bencana alam.

3. Metode yang umum digunakan oleh orang dalam melakukan penetrasi terhadap sistem berbasis komputer ada 6 macam (Bodnar dan Hopwood, 1993), yaitu :
 Pemanipulasian masukan
 Penggantian program
 Penggantian berkas secara langsung
 Pencurian data
 Sabotase
 Penyalahgunaan dan pencurian sumber daya komputasi.

Berbagai teknik yang digunakan untuk melakukan hacking :
Denial of Service
Teknik ini dilaksanakan dengan cara membuat permintaan yang sangat banyak terhadap suatu situs sehingga sistem menjadi macet dan kemudian dengan mencari kelemahan pada sistem si pelaku melakukan serangan terhadap sistem.

Sniffer
Teknik ini diimplementasikan dengan membuat program yang dapat melacak paket data seseorang ketika paket tersebut melintasi Internet, menangkap password atau menangkap isinya.

Spoofing
Melakukan pemalsuan alamat e-mail atau Web dengan tujuan untuk menjebak pemakai agar memasukkan informasi yang penting seperti password atau nomor kartu kredit

Penggunaan Kode yang Jahat:
 Virus
 Cacing (worm)
 Bom waktu
 Kuda Trojan


PENGENDALIAN SISTEM INFORMASI
Untuk menjaga keamanan sistem informasi diperlukan pengendalian terhadap sistem informasi
Kontrol mencakup:
 Kontrol administratif
 Kontrol pengembangan dan pemeliharaan sistem
 Kontrol operasi
 Proteksi terhadap pusat data secara fisik
 Kontrol perangkat keras
 Kontrol terhadap akses komputer
 Kontrol terhadap akses informasi
 Kontrol terhadap perlindungan terakhir
 Kontrol aplikasi

KONTROL ADMINISTRATIF
 Mempublikasikan kebijakan kontrol yang membuat semua pengendalian sistem informasi dapat dilaksanakan dengan jelas dan serius oleh semua pihak dalam organisasi
 Prosedur yang bersifat formal dan standar pengoperasian disosialisasikan dan dilaksanakan dengan tegas. Termasuk dalam hal ini adalah proses pengembangan sistem, prosedur untuk backup, pemulihan data, dan manajemen pengarsipan data
 Perekrutan pegawai secara berhati-hati, yang diikuti dengan orientasi, pembinaan, dan pelatihan yang diperlukan

Kontrol terhadap Pengembangan dan Pemeliharaan Sistem
Melibatkan Auditor sistem, dari masa pengembangan hingga pemeliharaan sistem, untuk memastikan bahwa sistem benar-benar terkendali, termasuk dalam hal otorisasi pemakai sistem
Aplikasi dilengkapi dengan audit trail sehingga kronologi transaksi mudah untuk ditelusuri

KONTROL OPERASI
Tujuan agar sistem beroperasi sesuai dengan yang diharapkan, yang termasuk dalam hal ini adalah :
 Pembatasan akses terhadap pusat data
 Kontrol terhadap personel pengoperasi
 Kontrol terhadap peralatan (terhadap kegagalan)
 Kontrol terhadap penyimpan arsip
 Pengendalian terhadap virus

PERLINDUNGAN FISIK TERHADAP PUSAT DATA
 Faktor lingkungan yang menyangkut suhu, kebersihan, kelembaban udara, bahaya banjir, dan keamanan fisik ruangan perlu diperhatikan dengan benar
 Untuk mengantisipasi kegagalan sumber daya listrik, biasa digunakan UPS dan mungkin juga penyediaan generator

KONTROL PERANGKAT KERAS
 Untuk mengantisipasi kegagalan sistem komputer, terkadang organisasi menerapkan sistem komputer yang berbasis fault-tolerant (toleran terhadap kegagalan)
 Toleransi terhadap kegagalan pada penyimpan eksternal antara lain dilakukan melalui disk mirroring atau disk shadowing, yang menggunakan teknik dengan menulis seluruh data ke dua disk secara paralel

KONTROL AKSES TERHADAP SISTEM KOMPUTER
 Setiap pemakai sistem diberi otorisasi yang berbeda-beda
 Setiap pemakai dilengkapi dengan nama pemakai dan password.
Penggunaan teknologi yang lebih canggih menggunakan sifat-sifat biologis manusia yang bersifat unik, seperti sidik jari dan retina mata, sebagai kunci untuk mengakses system

Kontrol terhadap Akses Informasi
 Penggunaan enkripsi

KONTROL TERHADAP BENCANA
 Rencana darurat (emergency plan) menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh para pegawai manakala bencana terjadi
 Rencana cadangan (backup plan) menentukan bagaimana pemrosesan informasi akan dilaksanakan selama masa darurat.
 Rencana pemulihan (recovery plan) menentukan bagaimana pemrosesan akan dikembalikan ke keadaan seperti aslinya secara lengkap, termasuk mencakup tanggung jawab masing-masing personil
 Rencana pengujian (test plan) menentukan bagaimana komponen-komponen dalam rencana pemulihan akan diuji atau disimulasikan

Kontrol terhadap Perlindungan Terakhir
 Rencana pemulihan dari bencana
 Asuransi

Kontrol Aplikasi
 Masukan
 Keluaran
 Pemrosesan
 Basis data
 Telekomunikasi