Rabu, 26 Oktober 2011

TIPS MENGOLAH CEMBURU DENGAN TEPAT

Wajar jika cemburu terkadang muncul dalam satu hubungan cinta. Siapa sih yang tidak pernah dibakar api cemburu? Sejauh mana cemburu bisa dikatakan berperan sebagai bumbu penyedap hubungan asmara Anda? Tapi bagaimana jika cemburu tersebut berlebihan? Hal ini tentu saja bisa menjadi boomerang terhadap hubungan Anda dan pasangan. Berikut ini tipsanda.com akan mengupas 9 cara bagaimana mengolah api cemburu dengan tepat :

1. Jangan Umbar Emosi. Tidak mengumbar emosi dapat membuat rasa cemburu Anda tidak terasa terlalu meledak-ledak. Taburi perlahan-lahan hati Anda ang sedang dilanda cemburu dengan sikap tenang dan penuh pengertian. Komunikasikan dengan pasangan alasan yang membuat Anda cemburu. Jangan pendam perasaan karena hal tersebut dapat merembet ke masalah lain dalam rumah tangga Anda.

2. Jangan Mencari Pelarian. Bagaimana pun suasana hati Anda, termasuk ketika dilanda cemburu, tetaplah setia pada pasangan Anda. Jangan sekali pun mencoba mencari pelarian. Ingat, tak ada yang mampu merusak cinta Anda bila Anda memiliki kesetiaan yang tulus pada pasangan. Jadikanlah kecemburuan Anda sebagai bukti bahwa di dalam hati Anda masih ada cinta yang tumbuh bersemi. Jangan merasa lelah untuk tetap setia pada pasangan. Anggap cemburu sebagai perhentian agar lebih mendalami perasaan Anda terhadap pasangan.

3. Komunikasi Jalan Terus. Apapun yang terjadi dan sedang Anda rasakan, usahakan tetap berkomunikasi dengan pasangan. Dengan begitu, anda tidak akan terus menerus menaruh curiga padanya. Sebaliknya, dengan komunikasi yang benar, Anda akan memahami keberadaan dan aktivitas pasangan Anda.

4. Kenali Sifat Pasangan. Kenali sifat pasangan hidup Anda. Bisa jadi selama ini meski telah hidup bersama dengan suami/istri ternyata Anda kurang mengenal siapa dia. Kondisi seperti ini akan memupuk kecemburuan yang sifatnya merusak. Jangan biarkan berlarut-larut! Kenali kesukaan, ketidaksukaan dan aktivitas sehari-hari di lingkungan kerjanya. Bila Anda berdua sama-sama sibuk, hal ini mutlak diperlukan. Jadi, untuk mencegah rasa cemburu, kenali betul sifat pasangan Anda. Ungkapkan kecemburuan Anda, dengan tutur kata yang sesuai dengan sifat pasangan. Bila pasangan bersifat lembut, jangan Anda pancing dengan kalimat yang bervolume tinggi.

5. Jangan panik. Kepanikan akan melunturkan cinta dan romantisme Anda dengan pasangan. Selain itu, kepanikan juga akan membuat  Anda berpikiran negative. Emosi Anda pun menjadi tidak rasional. Sedikit saja gossip menerpa pasangan, bukan tidak mungkin mengakibatkan Anda panic dan menghardik pasangan. Bisa jadi, kepanikan Anda berubah menjadi amarah yang menyebabkan Anda main tuduh. Kepanikan dan kecemburuan tersebut jangan sampai membuat pasangan Anda menjadi “tertuduh”. Lebih baik kuasai diri Anda saat cemburu dan selesaikan masalahnya bersama pasangan.

6. Jangan Cemas. Kecemasan hanya akan membuat Anda tidak tenang dan was-was. Jangan-jangan, kecemasan ini adalah hasil provokasi dari orang-orang tertentu yang ingin hubungan Anda dengan pasangan renggang. Bisa jadi mereka merasa iri melihat keharmonisan rumah tangga Anda. Karena itu, (lagi-lagi) komunikasi sangat diperlukan dalam membina hubungan.

7. Mau Mendengarkan. Lebih baik mendengarkan daripada menuntut untuk didengarkan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menerima argumentasi pasangan Anda yang masuk akal. Anda tidak akan terpancing untuk buru-buru menganggah atau menuduh. Bila Anda mau lebih mendengarkan pasangan, Anda akan mendapat informasi yang actual, lengkap dan benar-benar bisa dipercaya. Anda tidak akan terpancing melontarkan pertanyaan-pertanyaan dari sumber-sumber miring di sekitar Anda.

8. Bersuka Cita. Luapkan kegembiraan Anda sehari-hari bersama pasangan, nikmati dengan segenap cinta kasih. Mungkin Anda hanya merasa kurang diperhatikan untuk hal-hal kecil. Pupuk terus kebersamaan bersama pasangan Anda, dalam suka maupun duka. Syukurilah setiap waktu yang ada.

9. Segera Lupakan Kesalahan. Jangan biarkan dendam atau emosi meluap-luap menguasai pikiran dan hati Anda ketika cemburu. Segera maafkan dan lupakan kesalahan pasangan bila dia telah minta maaf. Ketulusan melupakan kesalahannya akan membuat pasangan semakin menyayangi Anda.


TIPS MERUBAH SIFAT MINUS MENJADI SIFAT PLUS

Sesungguhnya orang beruntung adalah orang yang mau berinterospeksi dan mau memperbaiki diri sehingga hari ini menjadi lebih baik dari hari kemarin. Begitu ungkapan orang bijak. Sebagai manusia memang Anda tidak luput dari sifat-safat negative. Apa saja sifat-sifat negative tersebut dan bagaimana mengatasinya ?



1. Malas. Jika rasa ini sudah menyelimuti diri, Anda pasti enggan mengerjakan apa pun, termasuk kegiatan rutin sehari-hari. Apapun yang Anda kerjakan pun menjadi tidak maksimal. Solusi: Ubah pola pikir dan kurangi penggunaan kata “malas”. Hindari menunda pekerjaan. Isi waktu luang dengan menyalurkan hobi, membaca buku, terutama buku motivasi, ilmu pengetahuan atau pengembangan diri.

2. Sensitif. Sedikit saja ucapan atau tindakan orang lain salah, sudah cukup untuk merontokkan hati Anda. Lalu, Anda merasa tidak enak dan merasa ada yang salah pada diri Anda. Padahal, teman mungkin hanya bercanda. Solusi: Janganlah terlalu serius menanggapi ucapan orang lain. Perbanyaklah tawa, senyum dan berusahalah tetap humoris. Dengan begitu, Anda takkan tersinggung dan sakit hati saat diberi saran atau kritik. Buka pikiran Anda seluas-luasnya agar Anda tak salah tangkap terhadap ucapan orang lain.

3. Pesimis. Seorang pesimis menganggap semuanya sebagai tempat yang tidak nyaman. Ia berharap semua bisa dilakukan tanpa kendala. Sebetulnya, ia tak pernah bahagia dengan apa yang terjadi. Apapun yang dikerjakan orang lain, baginya tak akan menciptakan perubahan. Solusi: Sebagai langkah awal, fokuslah agar Anda bisa dan mau melakukan beberapa kebiasaan positif untuk membuang sidat negative yang dimiliki.

4. Pemalu. Sifat ini biasanya muncul saat Anda harus tampil di muka umum dan berhadapan dengan orang banyak. Apalagi jika Anda juga sering marasa tidak percaya diri dengan pendapat Anda. Hal ini dikarenakan Anda takut dengan pikiran orang lain terhadap diri Anda. Solusi: Latih rasa percaya diri dengan banyak bergaul bersama orang yang percaya diri sehingga aura positif itu akan tertular pada Anda 


TIPS MENGATASI SIFAT PELUPA

Lupa mematikan air kran di kamar mandi, charger ponsel tertinggal di rumah atau lupa janjian dengan rekanan, mungkin sebagian dari hal-hal yang pernah Anda alami selama ini. Sifat pelupa kadang memang membuat semuanya menjadi kacau dan berantakan. Berikut ini Tips mudah mengatsi sidat pelupa Anda:


1. Punya Rencana. Seseorang yang punya sifat pelupa, wajib memiliki daftar untuk menulis semua rencana, termasuk hal-hal kecil sekalipun dan bikin check-list. Misalnya menulis daftar barang belanja yang akan Anda beli. Coret setiap hal yang sudah Anda lakukan. Lama kelamaan, Anda akan terbiasa bikin perencanaan dan tidak (cepat) lupa, sehingga hidup Anda lebih terorganisasi.

2. Lebih Rapi. Kacamata tertinggal di kamar mandi, sikat gigi tertingal dirumah saudara dsb. Untuk itu, tempatkan barang-barang pribadi Anda di satu tempat sehingga Anda mudah mengeceknya jika tidak ada. Sebaliknya, jangan mencampur semua barang menjadi satu, tempatkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Panik. Seringkali ketika Anda lupa menaruh barang, Anda justru menjadi semakin panik dan kesal. Perlu Anda ketahui bahwa sikap panik tersebut justru akan membuat Anda semakin lupa. Jadi, sebaiknya Anda perlu menarik nafas dalam-dalam sejenak dan tenangkan diri dulu. Karena di saat santai, Anda akan lebih mudah mengingat.

4. Kembalikan Pada Tempatnya. Karena kesibukan dan keterbatasan waktu yang Anda miliki, kadang Anda sembarangan menaruk barang-barang Anda. Untuk itu, mulai sekarang, biasakan untuk berdisiplin mengembalikan barang pada tempat semula (atau ke pemiliknya, jika Anda meminjamnya), setelah selesai dipergunkan. Dan buat barang-barang milik Anda yang dipinjam, mintalah pada siapa pun yang meminjam buat mengembalikannya di temapt semula.

5. Mengulang. Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat aau dihafal. Langka ini membantu memudahkan ingatan dalam memperhatikan hal-hal penting. Misalnya, ulangi dalam hati kalau hari ini Anda harus menelpon klien penting, dsb.

6. Minta Tolong Teman. Masih belum bisa juga menghilangkan sifat pelupa Anda? Coba minta tolong teman atau pacar untuk membantu. Katakan padanya untuk mengingatkan Anda jika bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman Anda keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel.

7. Jangan Menunda. Semua poin diatas akan membantu mengatasi sifat pelupa Anda kalau segera dilakukan. Menunda-nunda melakukannya, membuat Anda malah ‘menabung’ permasalahan.


SUMBER : TIPS MENGATASI SIFAT PELUPA

Solusi Mengatasi Rasa Panik

Dr. Danardi Sosrosumihargjo., Sp. KJ, psikiater dari Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, “Panic disorder terjadi akibat gangguan pada suatu tempat di otak yang bernama nucleus cereleus. Faktor lingkungan di luar diri Anda berpengaruh besar sebagai pencetus rasa panik ini. Jika Anda punya kecenderungan mudah panik, bawalah selalu kantong plastik. Jurus ini diajarkan oleh Dr. Jan Sudir Purba. Bagaimana menggunakannya ?



1.Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan sejenak, lalu keluarkan melalui mulut di kantong plastic tersebut.

2. Setelah itu, bernafaslah dalam kantong tersebut. Usahakan tidak ada udara masuk atau keluar dari kantong plastic –hanya udara dari hasil pernapasan Anda.

3. Lakukan selama 2-3 menit, atau sampai rasa panik mereda.

4. Menurut Dr. Yan, dengan cara mengeluarkan dan menghirup kembali CO2 (karbondioksida) akan menstabilkan kadar CO2 dan O2 (Oksigen) dalam tubuh Anda. Alasannya, hiperventilasi yang salah membuat tubuh Anda lebih didominasi oleh O2.





Senin, 24 Oktober 2011

Pengertian Android

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android adalah platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).



Profesi Pada Akuntansi

Akuntan Publik : adalah akuntan yang berprofesi sebagai auditor bebas terhadap laporan keuangan perusahaan - perusahaan dan organisasi - organisasi lain. Tujuan auditnya untuk menyatakan pendapat tentang kewajaran dalam semua hal.

Akuntan Manajemen : adalah akuntan yang bekerja sebagai akuntan internal suatu perusahaan dan menjadi pegawai pada perusahaan tersebut. Bertanggung jawab atas fungsi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Akuntan Pemerintah : adalah akuntan yang bekerja pada badan - badan pemerintah. Tugas mereka bervariasi, mulai dari mengawasi keuangan dan kekayaan negara sampai pada mengelolanya.

Akuntan Pendidik : adalah akuntan yang terdiri atas akauntan - akuntan yang menjadi tenaga pengajar di berbagai lembaga pendidikan. Tugasnya bekerja untuk pendidikan dan pengembangan Akuntansi.






SUMBER : Buku Prinsip - Prinsip Akuntansi 1 Kelas XI, Penerbit Yudhistira

Sabtu, 22 Oktober 2011

Teenage Mystery


G                          C               
Teenager...            Mystery...   
G                                             C       -       D
We    Can’t   Know Them Until We Get We Meet Each Other
G                                   C               
Likes The Bullet...                   Can’t Stop It..
G                          C       -       D
Their Spirit Can Burn Your Head, Your Soul Until Dead

G.                         C.
Hold a Minute, Can You See It ?
G                C                D
They Moving on So Fast Like a Ghost Train.
G.                         C.
Hold a Minute, Can You See It ?

A                C                D                                   A..              F.
They Want to Rule This Fucking Town....

REFF.
A       D
Music and Friendship all They Need
A                 D       -        E
Watch        Out   For Their Heads... They Go Out

F#m                    E                D
They Go Honey, They Go Make You Burn
A       D
Blast Out Party and They’ll Do It
A                 D    -    E
Spending Money Hey a Damn Shit
F#m                    E                D
They Go Honey, They Go Make You Burn

F#m                    E                D
They Go Honey, They Go Make You Burn

SUMBER : Lagu Ciptaan Sendiri

Testing Lirik


Seven years like just a moment ago, With sorrow

Looking up the rest of my heart

What you have done you forgot, from your world

Get ready cuz you will find hole,           Ou      Ouu.

I guest I never really alright when I waked

But my loyal friends already on fire tonight

I’m sorry if this make you sorry then I laugh

Just Get Out...

From My hell long way....




REFF.

Right Now... Meet my little friends hey...

Shotgun and Riffles are ready set go to blast you Out

It’s Done... When The Bullets thru head...

Just make damn a deep hole.... 

SUMBER : Ciptaan Sendiri

Jumat, 21 Oktober 2011

Berhenti


A C# B        A D E          A C# B        A – Bm      
A C# B        A D E          A C# B        A – Bm.     

F#m  E        D                 F#m  E        D
Berhenti Di Satu Titik,       Dimana Rahasia Besar

F#m                               E
Terbenam...                      Disana...

F#m  E        D                 F#m  E        D
Berawal Dari Pertanda,    Hingga Kenyataan Yang Ada

F#m                               E
Membuat...                          Luka...

D                                    E
Semua...                               Menghilang...

F#m                               E
Membuat...                          Luka...

D                                    E
Semua...                               Menghilang...

BRIDGE
A         B         D
Namun Ku  Membuka Hati...

A                     Bm                  Fret9                         Fret12
Coba              Pahami          Semuanyaaa...

A       B       D
Aku Pun Kini Mengerti

A                 Bm             Fret9                    Fret12
Inilah            Sebenarnyaaa...

REFF.
Bm    D – E
Dan Beraaakhirlaah...

C#               Bm    A-Bm                             A
Semua Kebohongan Yang Kau Tunjukkan Selama Ini...

Bm    D - E
Dan Bermiiimpilaah...

C#                   Bm                  A
Ku Tau Kau Tak Mampu Sendiri...

Bm    D - E
Dan Menyeeraahlaah...

C#               Bm    A-Bm                             A
Bawa Semua Mimpimu Dari Sini.

Bm    D - E
Dan Beraaakhirlaah...

C#               Bm    A-Bm                             A
Semua Kebohongan Yang Kau Tunjukkan Selama Ini...


Bm D – A                      Bm    E-D 2x

A       C#     B                 A D E                    a – bm  2x


F#m  E        D                 F#m  E        D
Bangkit dan Berdiri Lagi,  Dimulai Hari Ini

F#m..                             E..
Segera...                               Saatnya...

D.. – E..                         D.. F#m – E.

F#m..                             E..
Lupakan                                Tentangnya...

D.. – E..                         D.      E.


BACK TO REFF.

Melod

Bm D – A             G Bm – A

Bm D – E             F#m E        

Bm D – A             G Bm – A

Bm D – E                                          F#m...        E...

Bm..- D                Bm.. - E.
         
Ending
Bm – D                Bm – E       Bm – D       -        E...

SUMBER : Lagu Ciptaan Sendiri 

Selasa, 11 Oktober 2011

Bidang - Bidang Hak Asasi Manusia

1. Hak - hak asasi pribadi (personal rights), yaitu meliputi kebebasan menyatakan pendapat, memluk agama, kebebasan bergerak, dsb.

2. Hak - hak asasi ekonomi (property rights), yaitu hak untuk memiliki, membeli, menjual serta memanfaatkan sesuatu.

3. Hak - hak asasi politik, yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih, hak untuk mendirikan parpol, dsb.

4. Hak - hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.

5. Hak - hak asasi sosial dan kebudayaan (social and cultural rights), yaitu meliputi hak untuk memilih pendidikan, mengembangkan kebudayaan, dsb. 

6. Hak - hak asasi manusia untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights).


SUMBER : Buku Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas X, penerbit Erlangga 2007. 

Jumat, 07 Oktober 2011

E - Commerce


Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’.
Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.

Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.
Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:


· Electronic Markets (EMs).
EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

· Electronic Data Interchange (EDI).
EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA). EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.
Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

· Internet Commerce.
Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi
informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.


Karakteristik E-Commerce.
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :

Transaksi tanpa batas
Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.

Transaksi anonim
Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya.

Produk digital dan non digital
Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik.


Produk barang tak berwujud
Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Implementasi e-commerce pada dunia industri yang penerapannya semakin lama semakin luas tidak hanya mengubah suasana kompetisi menjadi semakin dinamis dan global, namun telah membentuk suatu masyarakat tersendiri yang dinamakan Komunitas Bisnis Elektronik (Electronic Business Community).

Secara umum e-commerce dapat diklasifasikan menjadi dua jenis yaitu;
1.      Business to Business (B2B) adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis

2.    Business to Consumer (B2C) merupakan mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan e-customer

Mekanisme E-Commerce
Transaksi elektronik antara e-merchant (pihak yang menawarkan barang atau jasa melalui internet) dengan e-customer (pihak yang membeli barang atau jasa melalui internet) yang terjadi di dunia maya atau di internet pada umumnya berlangsung secara paperless transaction, sedangkan dokumen yang digunakan dalam transaksi tersebut bukanlah paper document, melainkan dokumen elektronik (digital document).
Kontrak on line dalam e-commerce menurut Santiago Cavanillas dan A. Martines Nadal, seperti yang dikutip oleh Arsyad Sanusi memiliki banyak tipe dan variasi yaitu :
 
    A.   Kontrak melalui chatting dan video conference
Chatting dan Video Conference adalah alat komunikasi yang disediakan oleh internet yang biasa digunakan untuk dialog interaktif secara langsung.
Sesuai dengan namanya, video conference adalah alat untuk berbicara dengan beberapa pihak dengan melihat gambar dan mendengar suara secara langsung pihak yang dihubungi dengan alat ini.
Dengan demikian melakukan kontrak dengan menggunakan jasa chatting dan video conference ini dapat dilakukan secara langsung antara beberapa pihak dengan menggunakan sarana komputer atau monitor televisi.


    B.   Kontrak melalui e-mail
            Kontrak melalui e-mail adalah salah satu kontrak on-line yang sangat populer karena pengguna e-mail saat ini sangat banyak dan mendunia dengan biaya yang sangat       murah dan waktu yang efisien. Di samping itu kontrak e-mail dapat dilakukan dengan penawaran barangnya diberikan melalui situs web yang memposting penawarannya, sedangkan penerimaannya dilakukan melalui e-mail.


    C.    Kontrak melalui web atau situs
            Kontrak melalui web dapat dilakukan dengan cara situs web seorang supplier (baikyang berlokasi di server supplier maupun diletakkan pada server pihak ketiga) memiliki diskripsi produk atau jasa dan satu seri halaman yang bersifat self-contraction, yaitu dapat digunakan untuk membuat kontrak sendiri, yang memungkinkan pengunjung web untuk memesan produk atau jasa tersebut. Para konsumen harus menyediakan informasi personal dan harus menyertakan nomor kartu kredit.

Mekanisme transaksi elektronik dengan e-commerce dimulai dengan adanya penawaran suatu produk tertentu oleh penjual (misalnya bertempat kedudukan di USA) di suatu website melalui server yang berada di Indonesia (misalnya detik.com). Apabila konsumen Indonesia melakukan pembelian, maka konsumen tersebut akan mengisi order mail yang telah disediakan oleh pihak penjual.