Selasa, 15 November 2011

SDLC (Systems Development Life Cycle)

SDLC (Systems Development Life Cycle, Siklus Hidup Pengembangan Sistem) atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning),analisa (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi, yaitu proses pengembangan perangkat lunak. Terdapat 3 jenis metode siklus hidup sistem yang paling banyak digunakan, yakni: siklus hidup sistem tradisional (traditional system life cycle), siklus hidup menggunakan protoyping (life cycle using prototyping), dan siklus hidup sistem orientasi objek (object-oriented system life cycle).



CONTOH PENERAPAN

· Analisis kebutuhan dan pendefenisian
Pada tahapan ini dianalisis kebutuhan dari system atau aplikasi yang dibangun dengan adanya analisis kebutuhan akan memudahkan didalam pembuatan aplikasi atau system yang dibangun.dalam tahapan ini dilakukan wawancara atau observasi untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.pada saat kami melakukan tahapan analisis kami melakukan analisis kebutuhan dengan menganalisis secara langsung di tempat yang kami jadikan sample.

· Perancangan Sistem dan Perangkat Lunak
Pada Tahapan Ini akan dilakukan perancangan system berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan.pada saat melakukan perancangan system,kami mengacu terhadap system yang sudah ada pada bagian ini kami hanya mengembangkan bagian yang masih belum memenuhi kebutuhan user. Pembuatan UMl mis: use case dan diagram ER atau Pembuatan Desain antar muka.

· Implementasi dan unit testing
Tahapan ini dilakukan setelah kami memperoleh semua kebutuhan dari user. Setelah itu akan dibangun system yang mencakup kebutuhan user dan akan digunakan untuk kebutuhan user. Kami melakukan testing untuk mengetahui apakah system yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan user atau belum.

· Integrasi dan pengujian system
Tahapan integrasi dan pengujian system ini yaitu menggabungkan system yang telah dibuat dengan system yang sudah ada ataupun system operasi yang ada pada perangkat keras user dan melakukan pengujian system apakah system tersebut sudah benar dan sesuai kebutuhan. Tahapan ini tidak dilakukan oleh kami karena kami tidak berhubungan langsung dengan system yang ada.

· Perawatan (maintenance)
Pada tahapan ini akan dilakukan perawatan untuk menjaga system agar tetap terjaga dan terawat seperti tidak terjadi error, meminimalisir adanya kesalahan system dan lain-lain. Kami tidak terlibat secara langsung dengan perawatan (maintenance) hal ini disebabkan karena system yang dibuat tidak digunakan pada Objek yang diteliti.



0 komentar: