Kamis, 31 Maret 2011

susu formula berbakteri





Pengumuman Daftar Susu Formula Mengandung Bakteri Sakazakii Menkes BPOM IPB Menolak Dan Susu Formula Akan Diteliti Ulang. Di BBM beredar daftar 59 merek susu formula mengandung bakteri menimbulkan penyakit radang selaput otak hydrocephalus kanker darah. Pada rapat kerja gabungan (rakergab) Komisi IX Rabu (23/2),Menteri Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) tetap tidak mau mengumumkan nama-nama merek susu formula yang tercemar enterobacter sakazakii. Setelah pada rapat dengar pendapat (RDP) sebelumnya Kamis (17/2) ketiga pihak juga tidak mau mengumumkan susu formula yang tercemar tersebut.

Kasus itu bermula ketika para peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan adanya kontaminasi Enterobacter sakazakii sebesar 22,73 persen dari 22 sampel susu regulation yang beredar tahun 2003 hingga 2006. Namun, IPB tidak bersedia menyebutkan merek susu yang dimaksud.

Terkait hal itu, David yang juga konsumen susu (untuk dua anaknya) menggugat IPB, Badan POM, dan Menteri Kesehatan dengan alasan melakukan perbuatan melawan hukum karena telah menyebabkan keresahan dan kekhawatiran masyarakat terkait penelitian tersebut. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memenangkan David.

Putusan tersebut dikuatkan MA melalui putusan kasasinya. Majelis kasasi yang diketuai Harifin A Tumpa dengan hakim anggota we Made Tara dan Muchsin mewajibkan IPB, Badan POM, dan Menteri Kesehatan memublikasikan nama-nama susu regulation yang tercemar tersebut.


sumber : http://www.tribunnews.com/2011/02/10/kemenkes-umumkan-susu-formula-yang-mengandung-bakteri-hari-ini

0 komentar:

Posting Komentar